Apakah Anda Kesal Diajak Main Game di Facebook?

by drt on February 23, 2014

Tahun lalu, hampir setiap bulan saya pasang gambar di Facebook Wall saya yang intinya, jangan ajak saya main Game! Ini tiga alasan utama saya:

  • Pertama, duduk di depan FB saja sudah makan banyak waktu. Padahal kerjaan yang menunggu seperti tak pernah habis-habis, dan saya selalu merasa berdosa kalau menghabiskan banyak waktu di FB.
  • Kedua, setiap game selalu minta akses ke akun kita sehingga mereka akan bisa baca semua informasi, termasuk alamat email kita. Saya sudah pasang program yang namanya Antespam untuk filter spam di program email saya, dan seringkali email penting juga terperangkap di sana. Makanya sebisa mungking saya akan menolak ajakan bermain game, atau aplikasi lain seperti aplikasi hari ulang tahun, kartu ucapan selamat yang begitu kita klik, mereka minta kita mengizinkan mereka untuk akses akun kita. Makanya saya mohon maaf, kenapa semua ajakan untuk memasang aplikasi daftar ulang tahun, saya tak pernah mau kabulkan. Begitu juga kalau ada yang kirim e-card, tak pernah saya buka.
  • Ketiga, dan yang paling menyebalkan, mereka bisa akses daftar teman kita yang akan saya jelaskan konsekuensinya di bawah.

Sering kali kalau yang mengirim ajakan main game itu ponakan atau cucu ponakan saya yang punya akses FB, akan saya surati dan omeli mereka. Kenapa mereka ajak saya main game terus padahal setiap bulan sudah saya kasih peringatan untuk tidak mengajak saya? Jawaban mereka, mereka tak pernah mengundang koq.

Nah, koq bisa? Dari situ saya sadar, oh, bukankah dengan memberikan akses ke akun kita kepada aplikasi game itu, aplikasi itu tinggal pilih untuk kirim undangan main game lagi ke semua teman yang ada dalam daftar teman kita? Haha, dengan kata lain, sekali anda ikut main game, berarti anda izinkan game itu untik mengakses ke akun anda. Dengan kata lain, anda sumbangkan semua nama dan alamat teman FB yang ada dalam akun anda? Makanya, anda senang main game? Terima kasih untuk kebaikan anda membagi alamat-alamat kami kepada game tersebut yang akan terus menerus mengajak kami untuk ikut main game. :D

Malam ini saya lihat ada teman FB yang tanyakan bagaimana cara untuk mengatasi undangan game ini?

Daripada posting di FB dan kemudian hari cari lagi susah, saya putuskan untuk paparkan info ini di sini saja. Toh yang bilangi saya cara blokir ini juga teman-teman di FB. Lain kali kalau ada yang tanya, tinggal tunjuk untuk baca ke sini saja.

Saya menulis ini dan mengetes cara blokir ini dengan memakai browser Safari di iPad. Mungkin penampilannya agak berlainan kalau anda pakai browser lain, dan mungkin tidak mudah kalau anda pakai Smart Phone. Ini caranya:

  1. Perhatikan kalau di pojok kanan atas halaman FB anda ada gambar roda bergerigi.
  2. image

  3. Tekan ikon roda bergerigi itu maka akan muncul menu berikut seperti yang ditunjukkan dalam gambar di bawah ini:
  4. image

  5. Klik ‘Setting’ dari pilihan dalam daftar itu, dan anda akan dibawa ke halaman berikut:
  6. image

Nah, anda tinggal ketik nama teman FB anda yang mengirim undangan itu ke dalam kotak yang tersedia untuk ‘Block Invites From’ atau ‘Blok Undangan Dari’ dalam pilihan ketiga di halaman ini, ‘Block App Invites’ atau ‘Blok Undangan Aplikasi’.

Kalau yang mengundang itu teman FB anda, maka begitu anda ketika nama pertamanya, akan muncul nama-nama teman dan anda tinggal pilih nama yang anda mau masukan ke dalam kotak itu.

Begitu anda tekan ‘Enter’ atau ‘Return’, maka nama teman anda akan muncul di bawah kotak itu, misalnya: Pak Ogah Unblock, di mana kata unblock berhuruf biru atau warna lain itu menunjukkan bahwa kata itu adalah sebuah link, dan nama itu sudah diblok untuk tidak bisa mengirim undangan kepada anda lagi.

Nah, kalau anda mau unblock teman anda Pak Ogah, anda tinggal klik kata unblock di belakang nama Psk Ogah itu, dan Pak Ogah akan hilang dari daftar nama di bawah kotak itu. Iya, saya ngaku deh, di bawah gambar ketiga itu di FB saya, ada puluhan nama teman-teman yang tercantum di sana, karena mereka melanggar aturan main, dan mengirimkan undangan atau ajakan main game ke saya.

Yang unik dari fungsi ini, postingan teman anda masih bisa anda baca, hanya ajakan main game saja yang diblok.

Semoga penjelasan ini membantu. Dan kalau cara ini menolong, tolong jangan lupa beri komentar di bawah. Terima kasih.***

{ 3 comments… read them below or add one }

drt February 24, 2014 at 1:07 am

Oops, ada yang lupa. Setelah langkah ke-tiga, klik ‘Blocking’ dengan tanda verboden – dilarang masuk – di sidebar sebelah kiri, baru anda akan dibawa ke halaman dalam gambar 3. Maaf, ketik sambil mencoba step dimaksud, lalu jepret foto, maka step ini kelupaan.

drt March 6, 2014 at 4:18 pm

Setelah saya postkan ini di sini, dan pasang linknya di FB, masih saja ada yang kirim ajakan main game atau minta info ulang tahun saya supaya bisa dipasang di FB. Mohon maaf, saya selalu tolak memberikan info ulang tahun, walaupun saya tak keberatan beritahu lewat japri. Bila saya iyakan permintaan di FB, maka saya akan berikan kepada aplikasi ulang tahun itu akses ke akun FB saya. Rupanya banyak teman baru tidak pernah membaca info ini. Makanya akan saya pasang lagi.

sarmanpsagala April 1, 2014 at 9:29 am

wah kalo saya kesal amat pak de.. pusing saya dapat undangan game.. kalo menurut saya nyePAM aja tuh..

Leave a Comment

Previous post:

Next post: