≡ Menu

Bule yUKe.. kek.. kek.. kek..

Pengantar: Postingan tamu kali in diisi oleh Kang Ketik, yang sama sekali tak ada hubungan dengan Kang Mas Tik. Soalnya Kang Ketik hanyalah singkatan dari tuKang Ketik, yang dipakai untuk sebutan diri mbakyu Kiki Kwan Khoo (baca Ka-wan ku) saat menulis.

Kangketik.jpgKang Ketik adalah seorang teman baru saya di FB, karena sama-sama senang ikut Kuis Kata Majemuk bung Kumpul Rebo. Saat mengunjungi FB wallnya Kang Ketik, saya temukan kumpulan tulisan termasuk yang berjudul Bule yUKe..kek..kek..kek ini.

Seperti yang tertera dalam judul Notesnya di FB, yang saya tempelkan di bawah, tulisan Kang Ketik ini sebuah tulisan lama dari tanggal 2 Juli, 2011. Tapi karena isinya menarik, saya terus minta bantuan Kang Ketik agar bisa diposting di sini, biar teman-teman pengunjung blog ini bisa ikut baca. Pertanyaan anda berikutnya tentu, siapa Kang Ketik bukan?

Kang Ketik adalah seorang Arsitek lulusan Teknik Arsitektur FTSP Uni Trisakti, dan sempat juga meneruskan dan lulus Magister Management Real Estate dari PPM Jakarta di akhir abad yang lalu. Bersama suami tercintanya, Kang Ketik saat ini berdomisili di negeri Jiran.

Dalam waktu senggangnya Kang Ketik suka menulis catatan di FB. Semoga anda semua pun seperti saya, akan senang mengikuti postingan Kang Ketik yang enak dibaca dan suka menggelitik ini. Selamat menikmati.(drt)

buleUK

Kamis siang kemaren, Sobat lama A di Jakarta, tumben nelpon. Suaranya panik, bingung, terbata-bata. Ngabarin, salah satu kenalannya dari internet, ngakunya bule yUKe, ketahan imigrasi di KL.* Karena bawa duit cash kebanyakan. Si kenalan ini telpon ke Sobat A, minta segera transfer uang denda 4000 ringgit.

Tunggu punya tunggu, Sobat A belum transfer juga, telpon di Jakarta bunyi lagi.  Kali ini bukan suara kenalannya, tapi orang yang ngakunya staf kastam** negri jiran ini.

Karena sedang bokek, Sobat A usul, gimana kalo uang dendanya dipotong dari duit cash yang kebanyakan dibawa itu ? Beres kan ?

Apanya yang beres ? uang cash itu sebagai barang bukti, tauk !!! gak bole dikotak-katik !!!, suara diseberang meninggi.. kalo uang denda tidak segera di transfer, kenalan bule yUKe nya ini masuk penjara.

Paniklah Sobat A, lalu terbata-bata telpon Kang Ketik, yang gak tega ngetawain sobatnya ini.

Setuwa ini, kok ya masi percaya dikadalin orang yang ketemunya cuma di dunia maya.

Yang dikenal selama ini kan cuma foto… Apa benar dia ini manusia ? bukan software buat nipu ? Kalaupun benar dia itu orang bernafas, apa fotonya asli ? Bukan hasil nilep foto orang lain ? Siapa yang bisa jamin keabsahan makhluk-makhluk yang beredar di media ini ? Terus itu si staf kastam ? Apa hak dan otoritas nya, nelpon ngancem warga negara asing, yang berada diluar wilayah negara nya ?

Gini deh, penipu gak canggih, calon korbannya pun mikirnya tidak gigih. Yang denger ceritanya, jadi mendidih.

Beberapa taun yg lalu, YM-an dengan Sohib B di Jakarta. Dia mengeluh, clear custom dan import duty perhiasan di Sabah. Besar sekali angkanya. Kang ketik belum pernah beli perhiasan overseas via online, jadi gak bisa komen apa-apa. Tapi sempet nanya, berapa nilai perhiasannya ? Kalo sekedar custome jewelry, bukan logam mulia atau batu berharga, rasa-rasanya pajak & bea masuknya, disesuaikan nilai barangnya.

Ternyata Sohib B tidak pernah pesan perhiasan apapun via online.

Kenalannya, seorang bule yUKe (lagi) mengirimkan perhiasan ini, dari negaranya ke Jakarta, dan sementara tertahan di Sabah, untuk urusan imigrasi dan pajak. Aneh! Haregene, kirim barang dari UK ke Jakarta, ngapain mampir Sabah ? Apa urusannya ? Pajak masuk & pabean harusnya dibayar dinegara tujuan, bukan ditempat lain.

Amatiran banget nipunya nih!

Hampir bersamaan waktunya dengan kasus Sohib B, ada seorang Teman C di KL, kenalan via internet (lagi) dengan orang yang ngakunya (lagi lagi.. ampun dweh..) bule yUKe. Setelah rajin chating dan email-an, satu hari, kenalan ini, minta dijemput di bandara, jam 2 pagi !!!
Astafiruloh alazim…jaman transportasi beragam dan serba mudah murah aman seperti sekarang ini, sangat tidak masuk akal dan tidak sopan, nyuruh kenalan baru, yang belum pernah sekalipun ketemu muka untuk jemput ke bandara pagi buta.

Lain cerita, kalo profesi Teman C ini either tour guide, supir taxi atau kendaraan umum lainnya, atau polisi sekalian.. wajar bila diminta jemput atau ngajak nge-date jam berapapun, selalu siap sedia menemani – lha kerjaan sehari-hari Teman C ini engineer dibelakang meja, disuruh jemput jam 2 pagi. Yah tidak perlu disangsikan lagi lah, pasti si bule yUKe ini punya niat yang tidak baik.

Tidak diketahui dalam tiga kasus diatas, apakah pelaku bule yUKe ini orang yang sama?

Yang pasti,  Puji Tuhan, Alhamdulillahirobilalamin:

– Temen C akhirnya tidak menjemput kenalan baru nya..
– Sohib B batal mengirim biaya bea cukai nya ke Sabah,
– dan Sobat A tidak jadi transfer uang denda kenalannya.

Social network ini media liberal bebas nan tidak bertepi. Disini banyak sekali orang baik & tulus, yang benar nyata keberadaannya.
Tapi, jangan lugu menyama-ratakan semua orang disini semanis madu.

Disini banyak juga bandit, garong, penipu, yang serius menjalankan profesinya. Siapapun bisa ngaku bule yUKe, Pangeran Samber Harta, atau apapun. Sementara ini, tidak ada polisi, hakim, penjara yang akan menghukum kejahatan mereka disini.

Batasan dosa pahala dunia ahirat pun bureng. Foto bugil, video bokep, sama mudah aksesnya dengan meng-klik situs Alkitab, Qur’an, dan buku suci lainnya.

Yang tertinggal sekarang hanya kewaspadaan, jangan cepet percaya, hati-hati, dan ingat pesan iklan minyak goreng tempo doeloe : pake akal sehat..

tak iye ?

Kang Ketik, 3 Jul 2011.

Catatan: Ketikan diatas ini sudah pernah di posting pada Facebook & Multiply.
*yUKe = UK = United Kingdom = Kerajaan Inggris.
*KL = Kuala Lumpur
*Kastem = Custom, Bea Cukai.

{ 2 comments… add one }
  • basuki kurniawan April 19, 2013, 1:21 am

    Salam manis buat simbah yang tinggal di Negeri Roket. Hormat kami dari UK. semoga tidak ikutan kayak Bule Yuke yang ini.

  • drt April 19, 2013, 4:25 pm

    Sdr. Basuki, dalam postingan berikut Kang Ketik akan menyajikan postingan baru. Bule yUKe ternyata bluwek, bule kluwek. Kayak nasi rawon yang item gitu. Terima kasih.

Leave a Comment