≡ Menu

Dia memakai cincin saya — di dalam jantungnya.

Begitu gurauan bung K, teman saya, waktu menceriterakan kembali pengalaman saat dokter memasang stent dalam jantungnya.

Kata bung K, dokter melakukan prosedur angioplasty itu sambil bersiul lagunya Elvis Presley, She Wears My Ring atau dia memakai cincin saya seperti judul tulisan ini. 🙂

Waktu melihat video tentang pemasangan stent, atau ring dalam pembuluh di jantung ini di Internet, saya ingat ceritera bung K,serta beberapa teman yang kini memakai ring atau stent dalam jantung mereka. Maka itu saya taruhkan video itu di sini, biar anda bisa melihat apa yang terjadi sewaktu pemasangan stent itu.

Pemasangan ini dilakukan bila pembuluh darah di jantung anda tersumbat atau menyempit. Seorang teman yang pernah melihat sendiri prosedur ini mengatakan bahwa prosedur ini jauh lebih sederhana dibandingkan kalau anda harus menjalani operasi jantung anda dan dada anda harus dibuka. Biasanya setelah operasi angioplasty ini pasiennya bisa cepat pulang ke rumah.

Videonya jelas sekali. Walaupun anda tidak bisa ikuti penjelasannya dalam bahasa Inggris, saya rasa dengan melihat gambarnya saja sudah bisa mengerti bagaimana proses dalam operasi ini. Saya sendiri baru sadar, alangkah sederhana prosedurnya setelah melihat video ini.

Yang penting, menurut Dr. Manny dalam video ini, kita perlu mengenal ciri-ciri serangan jantung yang biasanya berupa:

  • Perasaan tak enak di dada
  • Perasaan tak enak di bagian atas tubuh yang meliputi kedua atau salah satu tangan, punggung, leher atau rahang anda
  • Sesak nafas, mual atau pusing,….

Bila ada tanda-tanda itu, segera dapatkan pertolongan seorang dokter. Itu bisa menyelematkan jiwa anda, atau jiwa mereka yang anda cintai bila hal itu terjadi pada mereka. Pertolongan dokter yang cepat bisa bantu penderita jantung terhindar dari maut. Makanya di Amerika sini, bila anda mengeluh sakit dada, begitu sampai ke ER (Emergency Room), anda akan langsung di bawa ke kamar periksa dan mereka segera memasang berbagai sensor ke tubuh anda untuk menentukan seberapa parah keadaan anda dan dokter akan melakukan tindakan untuk menyelamatkan anda.

Oh, buat anda yang tertarik akan lagu Elvis yang bung K sebutkan itu, bisa nikmati video itu di bawah ini:

Silahkan berbagi pengalaman anda dengan mengisi komentar di bawah ini.

{ 1 comment… add one }
  • drt May 3, 2017, 1:12 pm

    Ternyata video yang saya pasang dulu sudah dicopot sama yang punya, jadi barusan saya ganti setelah ketemu posting ini di ‘onthisday’ Facebook saya.

Leave a Comment