≡ Menu

Kabar Gembira Buat Penderita Alzheimers

Terobosan dalam bidang restorasi memory menyajikan harapan buat pengobatan Alzheimer. Begitu judul sebuah berita (dalam bahasa Inggris) yang saya temukan selagi surfing Internet. Berita ini pertama kali dilaporkan hari ini dalam Annals of Neurology, journalnya the American Neurological Association. Laporan tersebut lalu disiarkan lewat berbagai media masa, termasuk US News and World Report.

Dokter di bawah peneliti utama Prof. Andres Lozano dari Toronto Western University menemukan metode ini secara tidak sengaja. Suatu hasil serendipiti dari upaya mereka untuk mengurangi nafsu makan dengan jalan operasi otak seorang penderita yang kegemukan. Eh, bukan nafsu makan yang mereka kurangi, tetapi mereka berhasil menemukan rahasia cara kerja memori di otak manusia.

Dengan teknik stimulasi jauh ke dalam otak (Deep Brain Stimulation atau DBS), bukannya mereka menekan rasa lapar pasien seberat 30 stone atau ~190.5 kg itu tapi mereka membuka kembali bank memori orang tersebut sehingga dia bisa mengingat kembali kejadian dari 30 tahun yang silam saat dia masih berusia 20an.

Sementara ini sudah ada beberapa eksperimen dengan pacemaker otak ini, namun tentu saja biayanya masih sangat mahal. Tiga orang telah dioperasi untuk memasang peralatan yang masih berharga sekitar £25,000-£30,000.

Moga-moga di kemudian hari teknologi ini bisa menjadi murah dan bermanfaat buat semua penderita Alzheimer dalam segala lapisan masyarakat. Semoga!

{ 1 comment… add one }
  • Budi February 1, 2008, 8:54 am

    Dear Oom Aris ,
    Terima kasih atas artikel nya .
    Semoga bisa membantu para penderita Alzheimer

Leave a Comment