≡ Menu

Kuliah Terakhir Prof. Randy Pausch

Apa yang akan kamu kerjakan bila dokter mengatakan bahwa kamu hanya akan hidup tiga bulan lagi?

Saya coba mencari ke Google, ingin tahu apa yang terjadi dengan Prof. Randy Pausch yang menderita kanker pankreas setelah 3 bulan berlalu sejak kuliah terakhirnya pada tanggal 18 September 2007? Wikipedia menyebutkan bahwa sampai akhir tahun 2007, Prof. Pausch masih aktif sekali, dan dalam dua tiga bulan setelah kuliah ini banyak yang mengundang beliau untuk mewujudkan impian masa kanak-kanaknya yang belum terlaksana seperti yang diungkapkan beliau dalam kuliah terakhir di video ini.

Sebenarnya saya temukan video kuliah terakhir Prof. Randy Pausch ini secara kebetulan, sehabis mengecek informasi tentang Alzheimers. Seluruh video memakan waktu 76 menit, tapi kuliah itu begitu memukau sehingga saya tidak sempat meninggalkan monitor sampai kuliahnya berakhir. Padahal beberapa minggu ini saya telah berjanji pada diri sendiri, bahwa saya akan batasi waktu tak lebih dari setengah jam mengurusi blog.

Prof. Pausch berbicara mengenai pelajaran yang beliau resapi dalam perjalanan hidupnya dan memberikan wejangan kepada para mahasiswa tentang karir dan goal pribadi mereka. Maaf, isinya dalam bahasa Inggris. Salah satu dari sekian banyak kata-kata mutiara yang sangat berkesan adalah kata mutiara mengenai tembok batu bata sampai sempat diulang berapa kali.

Brick walls are there for a reason: they let us prove how badly we want things.

atau

Tembok itu ada untuk membiarkan kita membuktikan, seberapa kuatnya kemauan kita untuk mendapatkan sesuatu.

Konon Hyperion telah membayar US$ 6.7 juta untuk hak cipta penerbitan buku dengan judul yang ‘The Last Lecture’ atau Kuliah Terakhir ini.

Saya menonton video ini sambil sesekali teringat akan teman kelas saya dari SMA dulu, ibu Poppy Pelapelapon yang saat ini sedang opname di Jakarta. Semoga Poppy mendapat kekuatan seperti Prof. Pausch yang tabah sekali menghadapi kenyataan dan begitu entusiastik memandang hidup ini. Dari jauh saya hanya bisa berdoa untuk Poppy, semoga cepat sembuh. Begitu juga doa saya pada Prof. Pausch, semoga ada jalan lain dalam memerangi penyakit laknat ini.

Selamat menikmati kuliah terakhir yang sangat inspiratif ini.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment