≡ Menu

Metode Pengobatan Dengan Qigong (3)

Buat pecandu cersil (ceritera silat) seangkatan saya, tentu masih ingat istilah seperti lweekang (tenaga dalam), ginkang (ilmu meringankan tubuh), gwakang (tenaga luar) dan khikang, tenaga sakti yang bisa disalurkan lewat auman, pekikan dsb-nya.

Istilah-istilah itu berasal dari dialek Hokkian. Kalau dan tulisan asli, keempat istilah itu dan pinyin-nya berturut-turut adalah 內功 (nei gong), 輕功 (qing gong), 外功 (wai gong) dan qi gong (氣功).

Yang menarik, keempatnya menggunakan huruf kang dalam dialek Hokkian atau Gong dalam pinyin, atau Kung dalam ejaan lainnya. Dalam situs M.D. Anderson, pusat pengobatan kanker ternama di Amerika yang ikut menyertakan pengobatan alternatif dalam metode pengobatan mereka, istilah Qi Gong itu dijelaskan sbb:

The word Qigong may be analyzed as qi, meaning vitality, life energy or life force and gong, meaning diligent practice, cultivation or refinement. Therefore, Qigong roughly translates as “cultivate and refine your life force through diligent practice”, a definition that became popular in the 20th century

Terjemahan bebasnya:

Kata Qigong bisa diuraikan atas kata qi, yang berarti vitalitas, daya hidup atau kekuatan hidup, dan kata gong yang berarti rajin berlatih, membina atau memperdalam. Makanya, Qigong secara gampang bisa diartikan “membina atau memperdalam daya hidup lewat latihan yang sungguh-sungguh.

Ada juga yang mwngatakan, Qi Gong memanfaatkan pengaturan nafas, pengaturan gerak badan dan pengaturan pikiran untuk melatih fisik dan mental, buat menjaga kesehatan, menjauhkan diri dari penyakit, dan mengembangkan potensi diri. Seperti diuraikan dalam awal tulisan ini, Qi Gong sudah diajarkan turun temurun, dan akhirnya pemakaiannya pun sampai ke dunia barat.

Satu lagi istilah yang sering kita dengar adalah kata Gong fu atau Kung Fu. Sebenarnya selain artinya Silat atau Wu Shu yang kita sudah kenal, Gong Fu juga punya arti ‘menghabiskan waktu dan tenaga dalam mengerjakan sesuatu.’ Dengan latar belakang ini, marilah kita lanjutkan ke subseksi ke 3 dari bab mengenai Metode Pengobatan Dengan Qigongnya Dr. Shu ini. Selamat menikmati! (drt)

(2) Tenang, Santai, Tenaga, Mantap, Semangat, Keberanian

Qi Gong memiliki beberapa batasan atau tingkat. Pertama, hati harus ‘Tenang’.

Bila hati tidak tenang, akan sulit berlatih. Sekarang ini banyak orang yang selalu tidak tenang. Setiap hari pikirannya melamum tak keruan dan cemas sana-sini bingung melulu.

Hanya kalau bisa tenang barulah bisa mengerti bagaimana berlaku ‘Santai’.

Para penderita kanker setiap hari tegang terus penuh ketakutan. Setiap hari cuma bermuram durja, sama sekali tidak mengerti bagaimana cara bersantai. Hanya kalau hati tenang dan santai, maka sewaktu latihan, baru bisa merasakan kehadiran tenaga atau Qi, dan dengan berlalunya waktu, Qi pun akan lancar.

Dulu sebelum latihan, saya terlalu percaya diri mau menang sendiri, sekarang hati tentram selalu ramah. Qi-nya lancar,hati pun mantap. Tidak lagi bingung tak ada juntrungan, tetapi bisa berpikir dengan tenang. Kenapa banyak orang selalu bermuram-durja, sakit pinggang pegal punggung, kepala pusing mata pun buram? Karena tidak bisa tentram dan santai, Qi-nya buyar dan tidak mantap.

Setelah hatinya mantap, maka muncullah Semangat. Sewaktu menjelaskan tentang Kanker di klinik, saya sering melihat banyak pasien kanker yang mengantuk, semangatnya loyo. Kalau sudah latihan sampai hatinya mantap, maka semangatnya bertambah, matanya menyala-nyala. Dengan berjalannya waktu, akan timbul rasa percaya diri, timbul keyakinan. Dari situ mereka bisa maju selangkah pergi membantu orang lain. Begitu kamu membantu orang lain, orang lain pun sebaliknya akan membantu kamu. Ini adalah keberanian sejati. Begitu keberanian sejati ini muncul, apakah kamu masih takut akan kanker?

Latihan Qigong akan melewati batas atau tingkatan ini. “Tenang, Santai, Tenaga, Mantap, Semangat, Keberanian”

Butuh berapa lama untuk mencapai tingkatan ini? Apa harus seperti suhu yang harus berlatih 40 tahun? Tak perlu! Asal kamu bisa bersungguh-sungguh, tekun, teguh, pasti bisa tercapai dalam waktu singkat. ….(bersaambung).

Catatan: Disclaimer Standar tetap berlaku! Masih ada dua halaman sebelum sampai ke subseksi tentang Qigong vs Olahraga, dan seluruhnya masih sekitar 11 halaman dari metode pengobatan Qigong ini. Buat yang tertarik, tolong beri komentar. Kalau tidak mungkin saya akan meloncat ke topik lain. Terima kasih.

{ 1 comment… add one }
  • Adi suryawan May 12, 2019, 11:48 pm

    Luar biasa, ini yang saya cari. Terima kasih pak semoga berbahagia selalu.

Leave a Comment