≡ Menu

Minyak Kelapa ternyata bisa membantu penderita Alzheimer

Sampai saat ini berbagai obat-obatan untuk penderita Alzheimer fungsinya hanya untuk mempertahankan kondisi pasien agar ingatannya tidak makin memburuk. Akan tetapi seperti yang dikatakan oleh Dr. Rosenfeld dalam presentasi video yang lalu, kemungkinan untuk menemukan obat itu tidak begitu lama lagi. Yang lebih menakjubkan lagi, paling tidak buat saya setelah mempelajari bahan yang ada di Internet adalah fakta bahwa, salah satu bahan baku yang mungkin sekali bisa membantu dalam hal ini adalah minyak kelapa, yang merupakan salah satu komponen sembako di Indonesia.

Video singkat berikut dari koran di Florida menyajikan ceritera ringkas, bagaimana Dr. Mary Newport memanfaatkan minyak kelapa untuk memperbaiki ingatan suaminya Steve, 58 tahun saat itu, yang sudah sangat memburuk sejak ditemukan bahwa dia menderita penyakit Alzheimer.

Memburuknya ingatan suaminya bisa ditunjukkan dari gambar jam berikut:

Ini adalah penuturan Dr. Newport sendiri mengenai gambar pertama itu dalam tulisannya yang kini sudah tersebar kemana-mana:

(…selesai test…) Dr. Margarita Nunez menyempatan waktu yang cukup lama bersama kami dan meminta Steve untuk menggambar jam seperti terlihat dalam gambar pertama. Menurut Dr. Nunez ini adalah test khusus bagi penderita Alzheimer. Setelah itu Dr. Nunez mengajak saya ke luar dan bilang bahwa “jam”-nya Steve menunjukkan bahwa keadaannya sudah lebih condong ke penderita parah ketimbang penderita biasa. Itu tidak mengherankan karena Steve adalah suami saya selama 36 tahun dan selama ini saya yang mengurusinya.

Menurut ceritera dalam tulisan itu, sehari sebelum Dr. Mary Newport membawa Steve untuk mengikuti dua test guna mengecek apakah Steve memenuhi persyaratan untuk mengikuti penelitian dua obat baru, Dr. Newport berusaha mencari ke Internet informasi yang lebih jauh mengenai kedua obat baru itu. Hasil testnya akan menentukan apakah Steve adalah calon pasien yang memenuhi persyaratan.

Salah satu dari kedua obat itu adalah gamma-secretase inhibitor dari perusahaan Eli Lilly, dan satunya lagi adalah produk buat penderita Alzheimer dari perusahaan Elan.

Hasil pencarian ke Internet itu agak menguntungkan, karena Dr. Newport menemukan juga produk lain, Ketasyn, atau AC-1202, yang saat itu sedang merekrut para orang tua lansia yang sehat untuk ditest toleransi mereka atas 3 formulasi obat itu. Hasil testnya sangat mengagumkan menurut Dr. Newport seperti yang diuraikan dalam tulisannya.

Bukan itu saja, ternyata dari informasi dalam aplikasi patent Ketasyn yang Dr. Newport temukan, ramuan utama yang sangat manjur ini adalah Minyak Medium Chain Triglyceride (MCT) yang bisa membantu para penderita Alzheimer. Selanjutnyai dalam satu kalimat yang tidak begitu menyolok juga disebutkan bahwa bahan minyak MCT ini didapatkan dari minyak kelapa atau minyak biji palam. Penambahan kata biji di situ berasal dari Dr. Newport yang mengoreksi bahan dari perusahaan yang menghasilkan Ketasyn ini.

Kedua test yang diikuti Steve hari berikutnya gagal dan Steve tidak bisa ikut dalam penelitian obat baru itu. Waktu pulang, Dr. Newport mampir ke toko produk alami lalu membeli minyak kelapa murni yang bisa dia temukan di sana.

Dari data nutrisi produk itu, Dr. Mary Newport menghitung bahwa untuk mendapatkan 20 gram MCT, suaminya perlu memakan sekitar 35 cc minyak kelapa murni (atau sekitar 7 sendok teh). Pagi berikutnya sekitar jam 9, Dr. Mary membikinkan oatmeal untuk sarapan pagi suaminya dengan menambahkan 2 sendok teh minyak kelapa. Dr Newport juga mencoba campuran yang sama karena dia merasa tidak adil kalau memberikan sesuatu kepada suaminya bila dia sendiri tak bisa makan.

Hasil setelah 2 minggu dan 37 hari adalah gambar kedua dan ketiga yang jauh lebih baik dari gambar pertama.

Sampai sekarang, hasil studi menunjukkan bahwa penyakit Alzheimer itu disebabkan karena penyusutan otak seperti yang ditunjukkan dalam slide ini. (Untuk melihat slide lainnya, silahkan klik ke anak panah di titel slide itu.) Oleh sebab itu sulit disembuhkan.

Tapi bagi yang tertarik akan info lanjutan, silahkan kunjungi situs Dr. Mary Newport untuk membaca sendiri berbagai tulisan Dr. Newport terutama berbagai referensi yang ada di sana, karena saya tidak mungkin meliput seluruh isi tulisan itu di sini. Bukan itu saja. Ternyata menurut Dr. Newport, minyak kelapa banyak manfaatnya untuk berbagai penyakit lain. Akan tetapi tulisan ini sekedar informasi untuk anda. Sebelum memakai minyak kelapa untuk terapi, anda harus konsultasi dengan dokter anda.

Sedangkan kemajuan Steve setelah dua tahun menggunakan terapi minyak kelapa bisa dibaca di blognya Dr. Newport ini. Saya berterimakasih sekali atas upaya Dr. Mary Newport ini dan ingin berbagi informasi ini bersama anda. Harapan saya, kalau belum ada yang mulai, moga-moga penelitian serupa bisa dikembangkan juga di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

{ 6 comments… add one }
  • jeanne doko October 8, 2010, 9:35 am

    Terima kasih Bung Aris atas tulisan tentang temuan dan pemakaian minyak kelapa u/ penyembuhan Alzeimer. Pertanyaan saya : harus ada kejelasan juga, tentang kaitan minyak kelapa dengan kolesterol;karena ada bbrp pendapat para DR yg tak jelas;ada yg katakan fat yg terkandung dalam kelapa tak menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam darah, ada yg mengatakan santan dan minyak kelapa mengandung kolesterol tinggi;mana yg benar ?
    Anyhow, saya dan suami senang makan wajik, yg terbuat dari beras ketan, gula palem dan santan yg banyak. Setidaknyasebulan sekali saya memasak wajik, karena enak , lezat & yumiii!Juga rendang /curry ayam yg menggunakan bumbu kunyit , jinten & santan.Daging merah hampir kami tinggalkan dan setiap hari sedikitnya kami makan fresh veggie dan fresh fruit masing2 1- 2 porsi per orang. ….This is worthy reading!

  • drt October 8, 2010, 10:30 pm

    Dear Tante Jeanne,

    Makasih sudah mampir dan juga makasih atas komentarnya. Soal kadar kolesterol minyak maupun santan kelapa banyak dibahas di Internet. Di situs Dr. Mary Newport ada link khusus mengenai minyak kelapa dan salah satu peneliti yang diacu adalah Mary G. Enig, Ph.D. Saya pikir walaupun artikel ini sudah dari tahun 1996, tapi informasinya sangat bisa diterima, terutama referensi yang dipakai. Saya sendiri tidak punya latar belakang medis atau biochemistry dan belum sempat mengecek semua referensi tersebut, tetapi Dr. Newport mengacu pada referensi ini dan saya percaya akan judgment beliau.

    Namun seperti biasanya, mereka yang sudah mapam seperti Mayo Clinic misalnya sangat dingin atas masalah minyak kelapa seperti reaksi mereka terhadap Axona. Tapi bukankah ketika penicilin pertama kali juga dihina habis-habisan oleh mereka yang sudah mapam?

    Di situs ini banyak komentar menarik. Silahkan cek sendiri karena referensinya cukup menarik. Begitu pula referensi di situs ini.

    Mengingat seperti yang dibahas di kedua situs itu, bahwa masalah pokok dalam menjelek-jelekkan minya kelapa terletak pada faktor ekonomi, mudah-mudahan para dokter dan peneliti dari negeri Rayuan Pulau Kelapa bisa muncul dengan hasil penelitian yang tidak bias tentang manfaat minyak kelapa terutama dalam kaitannya dengan penyakit jantung kronis.

    Sekali lagi terima kasih tante Jeanne.

  • Manshur October 12, 2010, 1:53 am

    Halooo salam kenal dari Indonesia,

    Terima kasih sudah berkunjung, artikelnya bagus untuk referensinya.. 🙂

    Mohon izin untuk share di blog saya ya.

    Thanks

    Salam dari Indonesia

  • drt October 12, 2010, 11:31 pm

    Salam kembali dan terima kasih atas kunjungannya mas. Kalau sekedar pasang link dengan sedikit pengantar, saya sama sekali tidak keberatan.

    Saya pikir kelapa begitu berlimpah sampai-sampai kita punya lagu Rayuan Pulau Kelapa. Manfaat kelapa perlu disebarluaskan. Biaya murah, manfaat macam-macam.

    Blog anda menarik sekali. Semoga usaha anda berjalan lancar dan sukses selalu, termasuk menyebarkan info tentang manfaat kelapa untuk kesehatan.

    Salam dari Amerika,

    Aris/

  • drt February 16, 2014, 6:42 pm

    Ternyata video di atas tidak bisa ditemukan lagi. Setelah saya cari ke situsnya Dr. Mary Newport, saya temukan link ke video berikut:

    http://www.youtube.com/watch?v=Dvh3JhsrQ0w

    Semoga video ini bermanfaat.

  • drt April 20, 2015, 8:35 pm

    Setelah membalas email bang Jeha dari parokinet, saya coba mengecek info terakhir tentang pemakaian minyak kelapa untuk pengobatan Alzheimer, dan saya temukan info berikut di Snope.

    http://www.snopes.com/medical/disease/coconutoil.asp

    Saya sendiri termasuk orang yang sangat membenci monopoli perusahaan raksasa farmasi yang menekan penemuan-penemuan yang tak menghasilkan uang ini agar tidak ada tindak lanjutnya. Tapi agar berimbang penyajian di sini, saya sertakan link di atas hanya untuk informasi anda. Maaf, tulisannya dalam bahasa Inggris.

Leave a Comment