≡ Menu

Percayakah anda, kalau email berikut berasal dari bung Asbari Nurpatria Krisna?

Kejahatan di Internet bukan sesuatu yang baru. Nampaknya para penipu selalu berusaha untuk memakai modus baru apa saja dalam melakukan aksi mereka.

Di bulan Oktober tahun 2007 lalu saya menerima email dari mantan dosen yang lagi kehabisan uang di Afrika. Usut punya usut, telpon kesana kemari, ternyata bajingan-bajingan di Internet sempat menipu dan mendapatkan username dan password email beliau, lalu mengirim email permintaan uang itu ke semua orang yang ada dalam daftar alamat beliau. Tentu kami beberapa mantan mahasiswanya juga sempat menerima email tersebut. Urusan itu sempat saya ceriterakan di sini.

Minggu lalu selagi membersihkan kotak spam email saya, terlihat ada nama pengirim yang agak unik. Pengirimnya Asbari Nutpatria Krisna.

Nama ini sudah saya kenal sejak zaman masih SMA di Kupang dulu.

Selain Motinggo Bosye, ada beberapa lagi penulis novel yang suka saya baca waktu itu. Satunya seorang mantan angkatan laut, namanya lupa. Satunya bung Asbari Nurpatria Krisna ini. Judul bukunya sudah tidak saya ingat, tetapi sampul novelnya seingat saya bergambar seorang penyanyi yang memegang mikrophone dalam posisi duduk, dengan latar belakang orang berdansa di night club. Mudah-mudahan tidak saya kacaukan dengan penulis yang seingat saya pensiunan angkatan laut itu.

Karena tertarik, walaupun sudah dikategorikan sebagai spam, saya klik untuk diteruskan ke mailbox saya. Subjeknya hanya berisi kata ‘Halo’. Tapi isinya bikin saya tersenyum.

Beberapa hari lalu saya baru menulis tentang fasilitas terjemahan di Internet seperti Google. Tapi program terjemahan ini tentu masih butuh perbaikan. Makanya begitu baca email berikut saya jadi tersenyum sendiri.

Bayangkan, seorang novelis yang setahu saya bekerja di Radio Netherland koq menulis surat yang bahasa Indonesianya gado-gado begini? Untuk jelasnya saya kutipkan isinya di bawah ini:

Halo,
Apa kabar? Saya harap Anda baik-baik saja, aku menyesal bahwa aku tidak menginformasikan tentang saya bepergian ke Spanyol untuk sebuah Konferensi.
Aku perlu bantuan dari Anda segera setelah Anda menerima e-mail ini karena saya salah tempat dompet saya dalam perjalanan saya ke hotel tempat uang saya, dan hal-hal berharga lainnya disimpan, saya akan seperti Anda untuk membantu saya dengan pinjaman lunak mendesak. Saya akan membutuhkan jumlah $ 1.800 untuk memilah-out tagihan hotel saya dan mendapatkan diriku kembali ke rumah.
Aku akan membayar Anda kembali segera setelah aku kembali. Mohon beritahu saya jika Anda bisa membantu sehingga saya bisa mengirimkan detail saya untuk digunakan saat mengirim uang melalui pengiriman uang Westernunion.
Saya berharap untuk membaca dari Anda segera. Terima kasih

Hidup ini indah dan Tuhan lebih memperindahnya.

Bagaimana tidak ketahuan kalau ini surat palsu?

  • Saya harap, aku menyesal, saya bepergian.
  • salah tempat uang saya 🙂
  • Terus apa itu ‘hal-hal berharga’?
  • saya akan seperti anda?
  • memilah-out?
  • mendapatkan diriku kembali ke rumah?

Saya yakin tidak akan ada teman pak Asbari yang bakal ketipu dengan email semacam ini. Saya coba hubungi via milis untuk teman-teman di Belanda yang kenal pak Asbari untuk menghubungi beliau. Soalnya kemungkinan besar sekali, alamat email beliau di hotmail.com sudah dijebol lalu mereka menggunakan alamat itu untuk mengirimkan email seperti di atas. Saya tidak tahu apakah email itu berasal dari bahasa Spanyol atau bahasa Belanda. Para bajingan internet ini pikir dengan menterjemahkan ke bahasa Indonesia mereka bisa lebih mudah mendapatkan mangsanya. Sayang terjemahan Internet masih belum sempurna dan lagi program penangkalan seperti Antespam yang saya gunakan sudah sempat block email seperti ini. Saya memaparkan email ini di sini sekedar untuk mengingatkan para pembaca, kalau ada yang mengirim email minta konfirmasi username dan password, jangan sekali-kali anda berikan.

Moga-moga ada yang kenal secara pribadi dengan bapak Asbari Nurpatria Krisna dan bisa sampaikan info ini agar beliau sempat cek email-account beliau di hotmail.

Sekedar informasi, berikut ini adalah sebagian informasi dari header email tersebut:

X-Originating-IP: [41.155.45.151]
From: Asbari Nurpatria Krisna
To: Asbari Nurpatria Krisna

Subject: Halo
Date: Tue, 17 Aug 2010 10:38:58 +0000
Importance: Normal
In-Reply-To:
References:

MIME-Version: 1.0
X-OriginalArrivalTime: 17 Aug 2010 10:38:58.0374 (UTC) FILETIME=[66109E60:01CB3DF8]

Ketika saya coba mengecek, dari mana asal email di atas, saya temukan alamat dari kota Lagos, di Nigeria. Ternyata bajingan-bajingan tengik yang sama!

Buat yang ingin tahu tentang para bajingan dari Nigeria, silahkan menonton video berikut:

Selamat berakhir pekan

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment