≡ Menu

Ping Shuai Kung – Senam Sehat Yang Sederhana

Tiga tahun lalu seorang teman saya Dokter Angela Wang pernah mendemonstrasikan senam sederhana ini ketika mendengar kalau saya punya tekanan darah tinggi. Gerakkannya sederhana sekali. Tapi justru karena kesederhanaan itu, serta kemalasan saya sendiri mengulang-ulangi segala yang bersifat rutin, akhirnya senam itu terlupakan.

Malam ini seorang teman, Teresa Tsai mengirimkan link ke youtube Taiwan berikut:

Setelah melihat videonya, saya ingat akan senam yang diajarkan Dokter Angela Wang tadi. Apalagi setelah mendengar komentar kedua penderita kanker yang rajin melakukan senam ini, dan bisa sembuh, saya terus ingat Rina dan saya melihat lagi video-video yang berkaitan dengan Ping Shuai Kung (平甩功) ini. Karena manfaatnya begitu besar, dan senamnya sederhana sekali, apa salahnya kalau kita coba? Yang penting kalau badan sehat penyakit akan menjauh kan? Makanya saya coba catat gerakan utamanya di sini, sedangkan contoh gerakannya silahkan lihat dalam video2 berikut. Dalam video berikut ada penjelasan berbahasa Inggris di bagian akhirnya.

  1. Berdiri dengan kaki sejajar, dan selebar bahu. Telapak tangan dibiarkan sejajar.
  2. Ayunkan tangan ke atas sampai sejajar dengan lantai dan telapak mengarah ke bawah.
  3. Ayunkan naik turun dengan kecepatan yang tetap seperti contoh dalam video.
  4. Sampai ayunan kelima, tekuk lutut dua kali dan ayunannya diteruskan lagi.
  5. Kecepatan harus tetap dan pernapasan harus secara alamiah.

Dalam video berikut, Master Li, seorang Master Chi-kung memberikan petunjuk yang didemonstrasikan oleh seorang pembantunya dalam suatu acara TV di Taiwan, dan para peserta ikut berlatih dalam acara ini:

Sedangkan video berikut, Master Li menjelaskan tentang He-Kung, ilmu keserasian tapi di akhir video ini diulangi lagi cara melakukan latihan Ping Shuai Kung ini.

Tak ada batasan, kapan saja di mana saja Ping Shui Kung atau Ayunan Sejajar ini bisa dilakukan. Bahkan sehabis makan pung boleh. Karena sudah subuh, saya akhiri di sini. Tapi akan cari informasi tambahan lalu postkan ke sini.

Selamat mencoba!

Catatan: (25 Mei 2014)

Hari ini berkat diskusi di Facebook, saya temukan video berbahasa Inggris dan saya taruh di sini biar teman-teman bisa lebih mudah mengikutinya:

{ 5 comments… add one }
  • Helena Parera October 7, 2008, 10:45 pm

    Terimakasih atas senam Ping Shuai Kung di you tube. Saya tertarik mempraktekkan . Saya memang menyukai senam sebagai pilihan hidup sehat.
    Terimakasih ya ? Tuhan memberkati.

  • Julianus Akoit December 20, 2016, 7:55 pm

    Terima kasih Pak Tanone…saya juga asal kupang, ntt…saya posting ini, setelah selesai mencoba mempraktekkan senam sederhana ini dipandu video di youtube (baru pertama kali saya praktekkan senam ini, 21 Desember 2016)…saya sakit darah tinggi, diabetes dan sedikit gangguan di jantung…smoga hari2 selanjutnya saya mendapat anugerah kesembuhan lewat senam ini..ini rencana Tuhan..saya yakin itu…Amin..saya minta kalo ada tulisan2 lain dari Pak Tanone, bisa dibagi ke email saya: julianusakoit@yahoo.co.id
    ..makasih sebelumnya. GBU

  • drt December 21, 2016, 3:20 am

    Pak Julianus, coba periksa postingan saya terakhir di sini. Pak Julianus bisa temukan video pengantar berbahasa Indonesia, dan bisa kontak dan mendapatkan DVD gratis dari pak Petrus Wu. Silahkan posting pertanyaan anda di sana. Blog ini sudah saya tidak isi lagi. Makasih.

  • Wawan February 26, 2017, 5:51 am

    Halo, sy mau tanya u/latihan ini apa dari youtube sudah cukup jelas? Atau harus ikut latihan…sy cek latihan pagi di Kemayoran apa masih ada?

    Tks

  • drt March 11, 2017, 12:46 pm

    Sebaiknya kalau di Jakarta, usahakan kontak dengan pak Peter Wu. Mungkin kalau ada yang salah bisa dikoreksi. Tapi kalau tidak ada ya informasi di youtube cukup jelas saya pikir.

Leave a Comment