≡ Menu

Salada Kaktus bisa menurunkan kadar gula penderita diabetes

Pernah bayangkan makan salada atau lalapan kaktus?

Idih! Mungkin begitu komentar anda begitu terbayang duri-duri kaktus bukan?

Namun dalam wawancara Dr. Manny Alvarez seperti ditunjukkan dalam video berikut, chef Julian Medina dari Toleache Bistro Mexicano yang terkenal dengan hidangan Mexico di New York ini mengajarkan bagaimana cara membuat salada kaktus yang tampaknya cukup menarik untuk dicoba.

Konon, kaktus atau nopales dalam bahasa Spanyol Mexico, bisa mengontrol kadar gula dan baik untuk para penderita diabetes tipe II atau prediabetic. Karena mengandung fiber, kaktus berguna juga untuk melancarkan pembuangan selain sebagai sumber berbagai vitamin dan mineral. Bila anda agak khawatir dengan kadar gula anda, silahkan mengikuti video ini, lalu tanyakan ke dokter anda, apakah anda boleh mencoba salada atau lalapan kaktus ini. 🙂

Sekedar info, di situs Pubmed, ada 22 artikel bila anda google kata-kata ‘cactus diabetes’. Ini info buat dokter anda bila mereka butuh informasi lebih jauh mengenai khasiat kaktus.

Bila anda ingin cara lain selain yang ditunjukkan dalam video di atas, berikut ini adalah resep salad kaktus yang saya terjemahkan dari sini. Ukuran 1 cup menurut situs Indo-Recipe sama dengan 16 Sendok Makan.

Bahan-bahan:

* 1 (16 ounce) botol nopales (kaktus) – buang airnya, cuci, lalu keringkan
* 2 cups tomat yang sudah dicincang
* 1/2 cup irisan bawang merah
* 5 jalapeno peppers, seeded and minced
* 1/2 cup daun ketumbar segar,
* 2 jeruk nipis
* 1/2 sendok teh garam bawang putih (optional)

Caranya:

Masukkan dan campurkan kaktus, tomat, bawang, lombok, dan daun ketumbar. Peras jeruk nipisnya lalu aduk campuran itu. Tutup lalu masukkan ke kulkas minimal 1 jam. Lalu taburkan garam bawang putih (garlic salt) kalau anda suka.

Kalau anda tertarik untuk memakai alpukat, bisa lihat resepnya di sini. Bahannya terdiri dari kaktus yang sudah direbus sekitar 10 menit, lalu dicampur dengan lettuce, bawang, tomat, alpukat dan yogurt. Salad dressing-nya berupa campuran minyak olive, cuka anggur merah, garam dan lada dan epazote atau oregano atau daun ketumbar.

Selamat menikmati. Hati-hati jangan sampai kecucus duri kaktus. 🙂

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment